Laman

Senin, 30 November 2015

*BERSAMA KITA BISA*



Jika engkau ingin merubah dunia, mulailah dari dirimu sendiri.
Sebelum engkau merubah orang lain, maka rubahlah dirimu sendiri. 

Kata itu sudah sering kita dengar, pernah kita baca, dan juga kita fikirkan, kebanyakan orang setuju ataupun sependapat dengan kata tersebut. Namun saya memiliki pendapat yg berbeda, bukan berarti saya tidak setuju dengan kata-kata tersebut, namun saya lebih setuju dengan kata ini :

 " jika engkau ingin merubah dunia ajaklah orang lain untuk bersama-sama berubah dengan dirikita". 

Bagaimana kita bisa merubah dunia jika hanya diri kita sendirilah yg berubah??? 

Menunggu kita sukses berubah terlebih dahulu membutuhkan banyak waktu ,beda dengan mengajak orang-orang disekitar kita, keluarga kita, untuk berubah bersama-sama menjadi lebih baik, in syaa Allah perubahan akan lebih cepat terjadi dan pasti kita juga akan mendapatkan pahala dari Allah karena telah mengajak berbuat baik. 

Dalam proses perubahan secara bersama-sama akan terjadi komunikasi saling mendukung, saling memberi semangat dan saling mengingatkan satu sama lain. Apalagi diri kita yang mengajak untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik dan lebih bermanfaat secara tidak langsung diri kita ikut bertanggung jawab atas perubahan orang lain. 

saat kita mengajak orang lain untuk bersama-sama berubah dalam benak kita pasti terucap " kan aku yang mengajak mereka berubah jadi aku harus lebih  semangat dari yang lain dan aku juga harus memberi semangat pada yang lain, bahwa kita bisa berubah menuju perubahan yang lebih baik"

Harus nunggu kaya dulu untuk membantu orang lain?  masalahnya kapan kita kaya? sudah berapa penghasilan mu perbulan? kira-kira tiga tahun lagi udah kaya belum? sampai orang yang mau kita bantu meninggal duluan, kalau emang membantu orang lain harus kaya duluan, harus sukses duluan.

Dalam ayat Al-Quran juga mengajarkan kita untuk berlomba-lomba dalam kebaikan :
{فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ}
“Maka berlomba-lombalah kamu (dalam melakukan) kebaikan” (QS al-Baqarah: 148 dan al-Maidah: 48).

Dalam suatu desa, kelompok, maupun organisasi tidak akan maju, tidak akan menjadi lebih baik jika hanya satu orang saja yang mau berubah sedangkan yang lain tidak berubah.
Dalam Ayat Alqur'an juga dijelaskan bahwa "Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang ada pada diri mereka ” .

kata kaum tersebut menunjukkan bahwa yang berubah tidak hanya satu orang saja namun orang-orang dalam kaum tersebut memiliki keinginan untuk berubah bersama-sama.

Untuk itu mari kita berubah bersama-sama, berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Bersama kita bisa merubah dunia.


Penulis : Zulfa Arifiyah
FB        : https://www.facebook.com/zulfaarifiyah123/
Email   :  arifiyahzulfa@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar