Laman

Kamis, 19 November 2015

*Sahabat Ternak*

Sahabat Ternak 

 

Sahabat ternak adalah nama peternakan kambing miliki Sahabat Muda yang ada di Jombang Mojowarno.  Dalam satu bulan  Sahabat Muda wajib mengeluarkan minimal 10 kambing untuk diberikan secara Cuma-Cuma kepada lembaga atau masyarakat kurang mampu untuk meningkatkan perekonomian mereka.

Sebelum menerima hibah kambing, terlebih dahulu mereka harus mengikuti ngaji kambing di Sahabat Ternak selama 12 hari berturut-turut. Hal ini bertujuan untuk mengenal kambing lebih dekat. Tahu embik,an saat kambing lapar, kambing sakit, atau kambing pengen kawin, Agar tidak salah dalam mengambil tindakan saat kambingnya mengembek. Serta belajar semua yang berkaitan dengan kambing seperti cara membuat pakan kambing karena kebetulan kambing Sahabat Ternak adalah kambing fermentasi, belajar meracik obat sendiri untuk mengobati kambing yang sakit, dan belajar beternak kambing sesuai syariat islam. 


Setelah belajar teori dan praktik selama 12 hari kemudian tim sahabat ternak menganjurkan peserta yang sudah mampu beternak kambing untuk membuat kandangnya terlebih dahulu, menyiapkan makanan dan obat-obatan. Selanjutnya Tim Sahabat Ternak  mengechek tempat dan kandangnya apakah layak atau tidak,  setelah semuanya siap  baru kemudian kambingnya kita kirim. 


Tidak lepas sampai disitu saja, Sahabat ternak juga memfasilitasi jika kambing milik binaan sudah berkembang biak dan bingung menjual dimana, Sahabat  Ternak siap membeli kambing-kambing mereka dengan harga pada umumnya. 


Beberapa bulan kemaren sahabat ternak menghibahkan 10 kambingnya kepada pondok pesantren Ahlul Qur’an Madura dan 10 kambing lagi diberikan kepada Pondok Pesantren Al-Qoyyim Kasembon, Jombang Untuk bulan ini in syaa Allah pelatihan Ngaji kambing akan dilaksanakan tanggal 20 November 2015 dan sudah ada beberapa lembaga yang terdaftar sebagai peserta ngaji kambing. 

Serah Terima Kambing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar