Laman

Selasa, 10 November 2015

*NGAJI KAMBING*

Assalamualaikum sahabat.

Semoga Aktivitas hari ini berjalan lancar.

Masih kegiatan Sahabat muda. Kegiatan ini hanya ada di sahabat muda, di tempat lain belum ada kegiatan seperti ini. Apa itu kegiatannya??? 


Haaahay.... Jangan di bayangin kalau para kambing2 pakai peci, pakai sarung berkumpul, kemudian belajar ngaji dengan ustadz kambing ya. Karena bukan seperti itu kegiatannya.Terus bagaimana donk?

 



Ngaji kambing itu meliputi :

1.Belajar mengenal kambing tahu embik.an kambing yg laper, sakit, cerewet, galau ataupun pengen rabi.

2. Belajar merawat kambing. Kapan waktunya kambing makan, bagaimana merawat kambing sakit, apa saja obat yang diperlukan, Bagaimana meracik obat sendiri? Semuanya dipelajari di ngaji kambing.

3. Belajar membuat pakan kambing. Kebetulan kambing yg sahabt muda punya merupakan kambing fermentasi dan makanannya meracik sendiri, saat ngaji kambing pasti diajari cara meraciknya, bahan-bahan apa saja yg dibutuhkan buat resep makanan fermentasi kambing. Semuanya akan di ajari yang berhubungan dengan kambing. 


Ngaji kambing dilaksanakan di Sahabat Ternak tepatnya di jombang mojowarno. Untuk peserta ngaji kambing adalah para Volounteer SM (Sahabat Muda) yg berkeinginan memiliki usaha ternak sendiri, dan SM juga Mengundang para binaan SM yg berminat untuk beternak kambing. Banyak jenis kambing yang Sahabat Ternak punya, ada jenis Etawa, Gibas, Kacangan dan Brenggolo.

Pangajar ngaji kambing yaitu Cak Idin seorang pakar kambing. Dan Bpk H.Deddy Wahyudi selaku pembina SM yang akan mengajari manajemennya. Cara mengajarnya tidak hanya teori tapi langsung praktik sehingga para peserta aktif bertanya apa yang belum mereka pahami dan para pesertanya menjadi lebih paham tidak hanya di bayangan saja. 


Acara ngaji kambing biasanya dilaksanakan selama 12 hari berturut-turut. Peserta ngaji kambing juga harus mengikuti acaranya sampai selesai agar paham betul tentang kambing. Yang kemudian bisa diterapkan/praktikkan sendiri.


Selesai ngaji kambing, kita evaluasi kelompok mana yang sudah bener-bener mampu dan mau beternak kambing. Untuk selanjutnya akan mendapatkan 10 kambing dari ST (Sahabat Ternak) dengan cuma-cuma. Dan yang belum mampu bisa mengikuti acara ngaji kambing sesi berikutnya.

Untuk selanjutnya SM memantau perkembangan peternakan kambing peserta dan sebulan sekali mengundang mereka dalam rangka membuka mindset mereka agar berpikir luas untuk kemajuan mereka, sekaligus untuk menjaga tali silaturahmi. 


Ngaji kambing ini bukan sekedar belajar kambing saja tapi mempelajari bagaimana beternak kambing sesuai syariat islam, harus jujur pada para pembeli, menjadikan kambing sebagai media dakwah.  


SM juga memfasilitasi mereka saat kambing sudah mulai banyak dan harus dipanen. Maka SM siap untuk membeli kambing-kambing mereka dengan harga pada umumnya. Dan jika ada diluar sana orang yg membeli kambing dengan harga yg lebih mahal dr TS maka SM mempersilahkan dijual kepada mereka. 


Sedikit cerita tentang pengalaman ufa saat berkunjung selama 4 hari di TS. Disana ufa tidak sekedar berkunjung saja tapi ikut terjun langsung juga, ikut ke sawah menanam rumput buat pakan kambing, ikut membersihkan kotoran2 kambing, memberi makan kambing, membuat pakan fermentasi, sampai ikut menyembelihan kambing. 


Yang spesial disini adalah karena menggunakan pakan fermentasi kandangnya tidak terlalu bau, ada tempat/gazibu khusus yg digunakan untuk ngaji kambing, jd suasananya sangat mengena sekali. Para pegawainya sangat lihai sekali. Penyembelihan, dan menguliti kambing hanya butuh waktu 10 menit bener-bener luar biasa. Dan penyembelihannya dilakukan sendiri tidak minta tolong orang lain karena emang tidak membutuhkan bantuan, sudah terlalu lihai. 


Ufa banyak belajar tentang kambing di TS. Untuk mengetahui umur kambing dilihat diri besar kecilnya gigi kambing, untuk mengetahui kambing hamil dilihat dari air susu kambing, untuk melihat kambing gemuk atau kurus pegang geger kambing paling belakang. 


Menanam Rumput Gajah
Membuat Pakan Fermentasi
Memberi Makan
Menimbang Berat Kambing

Kalau dulu ufa sering menilai kambing gemuk atau tidak dari perutnya, kalau kelihatan nyempluk berarti gemuk. Eh ternyata tidak. Perut nyempluk itu karena baru makan. Teknik mengetahui kambing gemuk atau tidak ini bisa menghindari kita tertipu para pedagang kambing nakal, yg suka menggelonggong kambing saat mau dijual. Jd beruntunglah yang mengetahui teknik ini tidak bakalan tertipu. 

Menggiling Rumput

Membersihkan kandang TS

 


Luar biasa bukan??? Pengen ikut Ngaji kambing??? Hayuuk gabung dulu di Sahabat Muda atau mau jadi dhuafanya agar bisa menjadi binaan SM dan bisa ikut Ngaji Kambing he...he.

Yang mau ber qurban maupun aqiqah bisa melalui SM. Kita akan salurkan kepada kelompok binaan SM, Panti Asuhan serta kampung-kampung dhuafa. 


Terimakasih buat sahabat yang sudah meluangkan waktunya buat baca tulisan-tulisan ufa. Semoga bermanfaat ya. Dan jangan lupa tinggalkan kritik dan saran yg membangun. Ok.

Wassalamualaikum. Wr.Wb

9:26 AM

2 komentar:

  1. Alhamdulillah. Terimakasih ya mbk Ainun. jangan Lupa kalau nanti ada PT Kambing lagi ikut ya heheheh biar bisa ikut Ngaji Kambing. :D

    BalasHapus