Laman

Sabtu, 24 Oktober 2015

*Batik Bayu Sumilir*

BATIK BAYU SUMILIR

Batik adalah lukisan atau gambar pada kain yang dibuat dengan menggunakan canting  serta menerapkan malam pada kain, dengan ketelitian yang tinggi, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

Batik bayu sumilir yaitu karya seni batik tulis kontemporer dengan design yang terinspirasi dari berbagai karakter batik di indonesia, antara lain dari batik madura, solo, jogja, pekalongan, bantul serta cirebon. Batik bayu sumilir ini lebih dikenal sebagai batik ciri khas Surabaya. “ sebenarnya batik sumilir ini adalah batik nusantara, kalau batik surabaya  motifnya  hanya terpacu pada ciri khas kota surabaya, sedangkan batik yang saya buat ini menceritakan berbagai hal yang ada di Indonesia bukan hanya surabaya, berhubung saya orang surabaya gak papalah batik ini disebut dengan batik surabaya” kata pemilik brand Batik Bayu Sumilir.

Berawal dari gencar-gencarny pengklaiman Malaysia atas batik Indonesia,Ary widarto atau akrab disapa dengan  Ary Bayu sumilir tergerak untuk  melestarikan warisan budaya indonesia. UNESCO memang sudah menetapkan bahwa batik adalah kebudayaan asli bangsa Indonesia pada 02 Oktober 2015 namun saat itu keberadaan pengrajin batik terancam punah, dari situlah Ary bayu sumilir mulai belajar serta berusaha membuat batik padahal sebenarnya Ary Bayusumilir ini bukanlah seorang seniman, dan bukan pula keturunan pengrajin batik bahkan membuat batik saja belum bisa. Akhirnya dia belajar-belajar dan belajar secara otodidak serta mencari dan merangkul pengrajin batik. rumah produksi di Jl.Ketintang Madya III no. 18-20

Batik bayu sumilir tidak memiliki kekhasan namuun spesialnya batik bayu sumilir setiap goresan lilinnya memiliki arti serta filosofi yang mendalam “ membuat batiknya si mudah 2 hari jadi tapi, memikirkan idenya itu yang membutuhkan waktu” kata laki-laki pensiuanan BUMN. Berbagai perlombaan pun dia ikuti dan sering mendapatkan kejuaraan baik regional maupun Nasional.  Kategori house hold atau design interior juara 1 tahun 2012, juara II tahun 2013 dan juara 1 tahun 2014 (kementrian perindustrian dan perdagangan RI), juara I lomba batik raja ampat papua 2014 (kementrian Sekretaris Kabinet RI) dan masih banyak lagi kejuaraan-kejuaraan yang ia dapatkan.

Dari prestasi-prestasinya itulah Ary Bayu sumilir mendapat kepercayaan dari masyarakat sering diundang untuk mengadakan pelatihan membatik, banyak juga setiap anak yang akan mengikuti lomba membatik belajar di tempat Ary Bayu Sumilir, ia juga merangkul anak-anak muda yang mau belajar serta berlatih membatik sebagai generasi penerus warisan budaya bangsa.

Ary bayu sumilir berharap, para kaum muda-mudi sekarang bangkit untuk lebih peduli dan berkarya jangan hanya menjadi orang yang konsumtif dan terpesona dengan dunia maya tapi jadilah enterpreneur untuk menjadikan indonesia lebih baik. “ Bayangkan saja sekarang sudah ada orang italia yang jualan gorengan di indonesia, cara menjualnya juga lebih higenis sehingga masyarakat lebih memilih membeli di orang tersebut daripada membeli di penduduk asli indonesia ditambah orang itali tersebut mampu berbahasa indonesia dengan baik”. Papar laki-laki lulusan airlangga. Selanjutnya bagaimana tindakan kita? Siap dijajah? Atau siap melawan penjajah? *(Ufa)

NB :
Ide Tulisan ini penulis peroleh saat mengambil laptop penulis yg telah selesai di servise di daerah ketintang lama, tanpa sengaja penulis melihat plang KAMPUNG BATIK KARAH, iseng-iseng mampir dan akhirnya bertemu orang yg luar biasa pemilik brand Bayu sumilir. (Iseng-iseng berhadiah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar