Laman

Kamis, 07 Januari 2016

KELAS INSPIRASI

KELAS INSPIRASI MAGETAN
SEHARI MENGAJAR, SELAMANYA MENGINSPIRASI

Kelas Inspirasi (KI) merupakan salah satu turunan dari Indonesia Mengajar. Indonesia mengajar merekrut para sarjana muda untuk mengabdi dengan mengajar selama satu tahun ke daerah-daerah terpencil di pelosok desa. Para professional juga ingin berbagi pengalaman kepada anak-anak sekolah dasar. Dari usulan para professional itu terbentuklah kelas inspirasi.

Kelas Inspirasi murni gerakan social, para professional turun tangan langsung ke sekolah-sekolah  berbagi cerita, berbagi pengalaman, seputar pekerjaan mereka sehari-hari , para professional tidak mengajar tentang MTK, IPA, IPS tapi para Profesional KI dituntut untuk bercerita keseharian mereka dan bagaimana agar anak-anak bisa seperti para professional tsb. Anak-anak masih belum tahu tentang dunia profesi, yang mereka ketahui  mayoritas  Guru, Polisi, Dokter.  Sehingga saat ditanya cita-citanya pasti jawabannya seputar itu saja. Mereka tidak tahu kalau diluar sana ada banyak profesi lain yang bagus juga, seperti marketing research, public relation dan sebagainya.

Kelas Inspirasi pusatnya berada di Jakarta dan hanya ada di kota-kota besar seperti Jakarta,Surabaya, Bandung. Namun seiring berjalannya waktu Kelas Inspirasi semakin meluas masuk ke kota-kota daerah jawa Timur termasuk Magetan .
“Awalnya saya ikut di Kelas Inspirasi Jawa Timur yaitu persiapan menyelenggarakan Kelas Inspirasi yang ke dua, nah salah satu yang mengadakan adalah Magetan dan masih lingkup Jatim”. Kata perempuan yang merupakan salah satu dari Anggota KI. “Baru Kelas Inspirasi ke 2 kota Magetan Menyelenggarakan secara mandiri tanpa ada kaitannya dengan pusat. Namun untuk prosedur dan tata cara pelaksanaannya tetap dipandu oleh pusat”. Tambahnya.
KI diadakan satu tahun sekali yaitu pada hari inspirasi. Berhubung respon masyarakat kota magetan sangat bagus, kita ada program turunan Kelas Inspirasi Magetan yaitu sekolah mengundang relawan panitia kelas inspirasi untuk mengadakan hari inspirasi di sekolah tersebut atau biasa disebut Rekso. Menjelang hari inspirasi biasanya mengadakan pameran foto dan outbond untuk pengakraban para relawan KI. Hari inspirasi ditentukan bersama-sama para relawan dengan mempertimbangkan hari-hari ribetnya anak-anak seperti saat ulanga ataupun ujian.

“Perasaannya seneng, saya rasa saya sudah jatuh cinta dengan Kelas Inspirasi jadi tidak memperhitungkan capek, wira-wiri Surabaya magetan yang harus menempuh 5 jam perjalanan dan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan “.  Kata Ita perempuan berdarah magetan. “saya merasa Bangga ada di kelas inspirasi magetan”. Sambungnya

Rekso biasanya di adakan setiap satu-dua bulan sekali, tergantung dari permintaan sekolah. Untuk jadi relawan panitia tidak ada kriteria khusus, berbeda dengan relawan pengajar dan Fotografer video grafer. Mayoritas Relawan masih kerja, masih kuliah dan ada yang kuliah sambil kerja.  Yang penting bisa berkomitmen di Kelas Inspirasi tidak setengah-setengah dan harus mau terjun langsung.

Tidak ada tempat ataupun bascamp khusus untuk diskusi atau rapat. Biasanya diskusi diadakan di rumah ketua (PIC) ataupun ditempat-tempat nongkrong di daerah magetan. Walaupun berjauhan mereka tetap menjalin hubungan antar anggota melalui media social. Salah satu prinsip KI yaitu tanpa biaya tidak dibayar dan tidak membayar. Para pengajarnya tidak dibayar dan yang mengundang tidak perlu membayar. Semuanya murni iuran dari para relawannya dan juga uang hasil dari penjualan kaos dan asesoris. Tidak melibatkan sponsor, iklan, dan tidak membawa brand.

Selain PIC (Person In Charge) kelas Inspirasi juga memiliki 5 divisi lain yaitu :
1.RESELERA (Relawan seleksi Relawan).
Reselera bertanggung jawab menyeleksi relawan baru yang sudah mendaftar .
2.REMESO (Relawan Media Sosial)
Remeso bertanggung jawab mempublikasikan tentang segala hal ikhwal yang berkaitan tentang kegiatan kelas Inspirasi.
3.REDOKSAIN (relawan dokumentasi dan Desain)
Redoksain bertanggung jawab atas dekorasi tempat desain backdrop dls)
4.REJASE (Relawan Pengajar Sekolah)
Rejase bertugas mengajar /menginspirasi anak-anak sekolah
5.REPACAR (Relawan Panitia Acara )
Repacar bertanggung jawab atas kelancaran acara kelas Inspirasi

Kelas Inspirasi pertama di magetan hanya 5 sekolah. Kemudian Kelas Inspirasi ke 2 bisa menjangkau sampai ke luar pulau seperti kalimantan dan sudah banyak sekali tidak bisa dihitung jari.

“Awalnya ikut salah satu komunitas yang ada di Surabaya. Ada salah satu anggota komunitas yang Share tentang Rekrut relawan kelas inspirasi dan ada pilihan kota, sempet bingung mau pilih kota mana posisi saya ada di Surabaya tapi tanah kelahiran saya magetan. Memilih Surabaya lebih deket atau memilih magetan kota kelahiran. Akhirnya saya memutuuskan ikut Magetan  karena belum memberikan yang terbaik buat tanah kelahiran sehingga ingin mengabdi dan memberikan yang terbaik untuk kota tercinta.”paparnya.

“Tertarik KI karena dulu ingin jadi guru setiap hari bertemu anak-anak, berbagi kebahagiaan bersama mereka, ingin melihat tawa jujur mereka tapi belum kesampaian. Saya ingin bergelut di dunia pendidikan dan menyalurkan cita-cita saya, tapi tidak mau meninggalkan dunia yang saya geluti sekarang yaitu Teknik Industri . Jelasnya

Mereka berharap Kelas Inspirasi bisa meregenerasi agar bisa berkelanjutan bisa terus menerus terselenggara dan bisa memberikan inspirasi keseluruh sekolah di Mageta Khususnya baik swasta maupun Negri.

“Salam Bangga dan hormat jabat tangan erat untuk para relawan Kelas Inspirasi Magetan dan kota Lain . Ayo kita turun tangan bukan saatnya sekedar urun angan, kita turun tangan langsung bertemu dengan mereka karena kita akan merasakan candu yang berbeda”. Tutupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar